Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis 2016

PRESS RELEASE

SEMINAR NASIONAL MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

 

Perekonomian di dunia semakin berkembang dengan pesat. Perdagangan tiada batas antar satu negara dengan negara lain, baik secara bilateral, regional ataupun secara internasional. Seperti halnya yang sedang berlangsung di Asia Tenggara yaitu AFTA (ASEAN Free Trade Area) dan  yang sudah bergulir yakni AEC (ASEAN Economic Community).

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan integrasi ekonomi ASEAN dalam meng­ha­dapi perdagangan be­bas antar­negara di Asia Teng­gara yang tujuannya untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di ka­wasan ASEAN. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk memanfaatkan Masyarakat Ekonomi ASEAN untuk lebih mem­perluas pe­ma­saran sehing­ga pro­duk yang dihasilkan dapat lebih dikenal mancanegara. Dan ini merupakan peluang bagi negara-negara untuk menguasi pasar.

Berdasarkan data yang dihimpun We Are Social, ada kenaikan pengguna internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15 persen. Selain itu, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta. Dan, 48 persen di antaranya merupakan pengguna internet harian. Data dari We Are Social, setidaknya pengguna internet menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses internet di PC atau tablet dalam sehari.

Fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angkat 88,1 Juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 252,4 Juta, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%. Angka tersebut meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan tahun 2013 dimana penetrasi internet baru mencapai 28,6%.

Kemajuan IT dapat dimaksimalkan dalam melakukan pengembangan bisnis. E- Commerce adalah segala sesuatu yang menyangkut transaksi perdagangan atau perniagaan dengan menggunakan media elektronik.  Dalam siklus jual beli biasa, pelanggan hanya mencangkup daerah itu saja, tetapi dalam E-Commerce perusahaan dapat mengembangkan usahanya ke daerah bahkan negara lain yang tentunya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Seminar nasional yang selenggarakan oleh program studi Magister Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret merupakan program tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan dan pengembangan wawasan bagi mahasiswa. Seminar nasional ini menjadi forum ilmiah yang nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi ide, dan buah pemikiran untuk memberikan solusi atas suatu permasalahan dan isu-isu yang tengah terjadi ditengah masyarakat.

Urgensi kegiatan seminar ini adalah untuk mengedukasi dan mengelaborasi lebih dalam terkait E-Commerce yang kini menjadi salah satu sistem yang memudahkan dalam sektor bisnis. Hal ini menjadi penting mengingat perlunya pemahaman terkait regulasi/ peraturan dalam menjalankan bisnis secara online. Dengan menghadirkan pakar-pakar yang ahli dibidangnya, dan akan mengali dari tiga perspektif yang berbeda yakni pemerintah, akademisi dan praktisi.

 

Tema Materi :

  1. Regulasi Pemasaran Dan Pengembangan Bisnis Di Era  Global Dengan Memaksimalkan E- Commerce. Ir. Azhar Hasyim, M.IT. (Direktur e-Business, Kementrian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia)
  2. Build Your Own Online Marketplace (Istofani Api Diany, S. Kom, MBA, Founder and CEO fitinline.com)
  3. Optimalisasi Penggunaan Media Online dalam Meningkatan Kualitas Produk Unggulan di Era Persaingan Global (Dr. Sutanto, S.Si, DEA, Pakar Informatika Universitas Sebelas Maret)

 

Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Aula Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Alamat: Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp/Fax (0271)648939
E-mail: snpe2016@gmail.com. Web : snpe.fkip.uns.ac.id

 

Pelaksanaan dan Penanggungjawab Kegiatan

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Program Studi Pendidikan Ekonomi UNS

  1. Penanggungjawab Kegiatan

Kepala Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi UNS

(Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si)

  1. Ketua Pelaksana

Sugiono, S.Pd.

  1. Sasaran Kegiatan
  • Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Mahasiswa umum dari berbagai Universitas di Indonesia
  • Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
  • Masyarakat umum dari semua kalangan